131114 EXO - VCR Plus Live Stage at Melon 2013

05.30

Nah, dari sekian teaser EXO yang paling gue suka adalah  EXO - VCR Plus Live Stage at Melon 2013. Bukan apa-apa sih tapi menurut gue, ada sesuatu dibalik VCR itu yang mau tidak mau harus gue bongkar sekarang juga di depan kalian (aduhh bahasanya min).


Ceritanya seperti THE TWILIGHT SAGA: TWILIGHT, yang si Bella Swan jadi anak baru di sekolahan terus dia ngalami kejanggalan dengan adanya siswa dari keluarga Cullen. Kalo di VCR si mbak yang juga main di Heart String dan Flower Boy Next Door itu berperan sebagai Bella Swan yang akhirnya suka sama Edward Cullen (Kai). Nah, di sini Kai (Edward Cullen) bukanlah seorang vampir tapi seorang Wolf jadi-jadian (adduh, gak enak bangget kalo Wolf dipasangin dengan kata seorang, maunya seekor Wolf tapi Kai itu manusia).

“Udah, ceritanya cuma gitu doang kan. Mirip sama Twilight kan”

Mungkin, itu pernyataan yang akan beberapa orang (EXOstan khususnya) lontarkan saat sesudah melihat VCR. 
But wait, bagi reviewer sejati, ini menjadi lahan untuk dijadikan tulisan baru. See?

“Pernah enggak kalian mikir kenapa Kai yang jadi Edward Cullen? Kenapa enggak Lay atau Sehun atau Chanyeol aja gitu?”
Ini pertanyaan dari gue
“Hayo, yang jadi wolf di VCR itu menurut kalian hanya Kai atau samuanya?”

Mau tahu jawabannya? Pengen tau aja atau pengen tau banngget? Hahahah, yuukkkk capcus




Kita mulai dengan adegan pertama, saat Luhan dan DO main driblling dan saat si Jongdae ngeSKSD mbak itu serta saat Kai nahan mobil yang mau nabrak mbak itu (ceritanya sih gituu).
Ini. Pertanyaan awal tadi bakal terjawab di sini. Sumpah, gue amazed bangget sama yang bikin konsep mereka. Detailnya dipikirin bangget, mennnn. Tepuk tangan buat yang bikin konsep *prokprokprok*

Nahhh, pertanyan di awal tadi itu tidak lain tidak bukan, tidak terlepas dari karakter mereka waktu di mini album MAMA (yang album debut itu loh). Udah gue bilang kan (ditulisan gue sebelumnya), SM akan membuat mereka sedikit demi sedikit beralih menjadi manusia sesungguhnya, bukan manusia super yang dipecah kekuatannya.

Kai dipilih karena dia punya kekuatan transport, ini terbukti saat dia nyelamatin mbak itu saat mau di tabrak mobil, ngilang like a flashlight.

Mas Lu (baca: Luhan. NB: Dan gue nggak suka kalo orang manggil Luhan dengan sebutan Lulu. Apaan. Lulu? Cewek bangget tau nggak sih. Halah, terus masalah lo apa min? *eyyyah, perpecahan antar sasaeng Luhan* :p). 

Oh iya, info juga nih. Mungkin kalian EXOstan Indonesia pernah bertanya-tanya, kenapa si mas Lu ini memperkenalkan dirinya kayak gini “Halo, aku rusa EXO Luhan”. Dan kenapa sasaeng Luhan pake bando tanduk rusa? Ini jawabannya (untung gue punya software kamus mandarin, yang searea sama gue boleh leave mention on twitter atau di sini, buat minta softwarenya, langsung cus ke tempat gue. Hahahah)
鹿: lù : deer : rusa
: hán : before daybreak; dawn about to break; (used in given names) : sore
·         Cara bacanya: lù (lu nada turun) hán (khan nada naik), kayak baca Al-Qur’an gitu. “naik-naik ke puncak gunung, turun-turun ke lembah naga. Naik-turun ke gunung dan ke lembah. Sampai matipun naik turun” *nyanyi lagu naik ke puncak gunung*

Nah, ini yang buat anak EXOstan jaman dulu (EXOTIC) radak-radak gak percaya,
“Ini beneran Luhan namanya kayak gitu?”
“Tanya aja sama emaknya Luhan”, jawab gue. Hahahah
Info Luhan lagi nih, dulu waktu debut ada rumor kalo Luhan itu pernah jadi trainee JYP dan beberapa fans menyebutnya dengan Xi Luhan (coba lihat wikipedia Luhan atau vidoe reality show mereka pas jaman promo MAMA, di situ nama hanja luhan cuma 2 frasa bukan 3 frasa). Pembenaran aja, kalo itu bukan Luhan EXO yang sekarang. Nama marga Luhan itu bukan Xi. Dia lahir di distirik Haidian (distrik yang lumayan, dengan adanya beberapa universitas ternama di China), Beijing. Anak kota mennnn. Dan diantara member China lainnya, gue paling suka pronounciation atau aksennya Luhan, anak kota binnnggggit.
Bentar-bentar, kenapa tulisan gue jadi sesat ke arah pembahasan Luhan sih. Binggung juga gue, kenapa bisa ngelindur sampek sini. Ckckckckck

Okey, kembali ke topik utama. Di sini Luhan ngelempar ke Chen dan ternyata kena mbak itu. Hmmm dasar Luhan, maunya sih TPTP sama mbak itu, tapi sok2an ngelempar bola ke Chen. Apakah Luhan gak pinter main bola sehingga meleset ke arah mbak itu? Hmmm, alasan yang sungguh biasa. Bukan itu, asumsikan aja kalo Luhan jago main bola jadi nggak mungkin melempar kayak gitu meleset. Dan lagi, jarak mereka sanggatlah jauh. Nggak mungkin orang biasa bisa ngelakuin itu, kecuali dia atlet NBA yang sekali lempar bisa sampek ujung ke ujung lapangan basket.

Gambar

Alasan yang paling tepat adalah bahwa si mas Lu ini menggunakan kekuatan telepatinya terhadap bola basket. Eh, tepat kena mbak itu deh. TPTP yang sungguh pintar dan cerdas.

DO, kenapa DO yang kena fadeback bola dari mbak itu? Jawabannya, mungkin emang beneran meleset. Oke, jawaban bisa diterima. Karena mbak itu, jelas-jelas bukan atlet basket atau nggak punya kekuatan telepati kayak Luhan kan. Ada jawaban lain?

“Gue Min, karena mbak itu takut sama sasaengnya Luhan”, jawab salah satu reader gue (berharap ada yang baca :p)
“Hahhhhh, kok gitu?”, jawab gue
“Iya, sasaengnya Luhan kan terlalu baik hati gimana gitu Min”
“Oh, bisa dipahami”, manggut2 tanda belum ngerti
“Ini ada yang mau ngasih alasan lagi, kenapa gitu?”, tambah gue (adduh, reader gue cuma satu kali yeeee :p)

Okey, jawabannya masih nggak jauh2 sama yang Luhan tadi. Ingat kan? Di Mini Album MAMA, DO punya kekuatan apa? Yupppp bener-bener. Bagi EXOstan yang ngikutin dari awal mereka debut, pasti hal kayak gini udah lalu-lalang di kepala (emang kepala kita jalan raya min). Maksud gue, karena keseringan lewat kepala, jadinya udah hafal, gitu tohhhh. Gue perjelas (ini untuk anak EXOstan baru), si DO punya role jadi seseorang yang kuat (the strongest one). Jadi, kalo benda macam bola basket mah lewat. Ibarat kata, kayak dilempar sama debu (gimana caranya coba, debu dilempar? :p).

“Sebenernya sakit juga dilempar sama bola basket Mbak Admin”, kata hati DO mengeluh
“Sorry Adik DO, jangan salahkan saya, salahkan yang bikin konsep. Bukan saya menyamakan bola basket dengan debu. Tapi biar hiperbolik aja tulisan saya. Tuntutan profesi lah Dik DO”, kata hati gue nyahutin DO

Nah, coba bayangin kalo,
·         Kris dan Chanyeol yang dilempar
Gak mungkin, berdasarkan letak saja sudah tidak memungkinkan Kris dan Chanyeol kena lemparan meleset dari mbak itu. Atau kalo iya pun, bisa-bisa bola basket itu jadi bola basket panggang karena kena sembur api mereka berdua. Masih ingat kan kekuatan mereka waktu di Mini Album MAMA, maaf ya bagi anak EXOstan yang baru, semoga kalian bisa memahami L.
·         Lay yang dilempar
Lay? Mau diapain ya abang ini. Jangan2 kalo kena lempar bola bakset, dia malah nyembuhin bola basketnya dari pada dirinya sendiri karena bola basketnya kesakitan setelah berbenturan dengannya. Heheheh, abang ini cocok dijadikan pacar :p, perhatian sihhh. Walaupun radak bego2 gimana gitu mukanya *hadah adminnya ngelindurrrr*. Pissss, bagi biasnya Lay, tenang2 gue juga biasnya Lay kok (He is my last and last bias in EXO).
·         Xiumin dan Tao yang dilempar
Bolanya dibekuin sama Xiumin dan diberhentiin karena kekuatan time control dari Tao. Dan mereka teriak ke mbak itu
“Yeye~yeye~yey~, nggak kena nggak kena. Wekkkkkk”, sambil joget-joget gak jelas
Adduuhhh, pusing gue kalo beneran kayak gitu. Ckckckck
·         Baekhyun dan Chen yang dilempar
Baekhyun (my 1st bias, cocok dijadiin temen aja, nggak lebih. Tempat berbagi kesedihan dan tempat curhat. Menurut lo min. Hahahah) dan Chen, bisa-bisa mata mbak itu kena cahaya dari Baekki akhirnya buta, terus petirnya Chen meleset ke mbak itu, akhirnya gak dijadiin cewek rebutan lagi sama anak-anak EXO, lagu Wolf dan Growl gak jadi dinyanyiin di stage dong. Atau bahayanya lagi, lagu Growl dan Wolf nggak akan pernah dirilis. EXO gak terkenal kayak sekarang dong. Eyyyahhhh, admin ngarang dengan indah.
·         Luhan yang dilempar
Nah, mas Lu ini (my 2nd bias, cocok dijadikan kakak yang bisa dikibulin dan dipamerin ke temen2) kayak yang alasan di atas tadi dari reader jadi-jadian gue :p. Tapi ada satu lagi, kira2 kalo mas Lu dilempar bola jadinya bola itu bakal ditelepatiin sama dia, eh balik ke mbak itu, jadi main lempar-lemparan bola basket deh mereka berdua, DO sama Chen dikacangin. Diakhir cerita, mbak itu jadinya sama mas Lu bukan sama Kai (rusak deh alur cerita dan konsepnya, hahhah dasar admin ngarang bebas)
·         Suho dan Sehun yang dilempar
Air dan angin? Gue kehabisan ide nih. Bolanya kena air, jadi bola basah deh. Terus kena angin jadi bola kering deh. Nggak lucu yaaa.
Dibuat apaan yaaa mereka biar lucu?

Next, adegan mbak itu ngetik kemudian berjalan menuju lorong dan menghampiri Chanyeol, dan bang Lay-Kris yang sedang asik main bingo. Serta Sehun, Xiumin, Tao, dan Baekki yang sedang main TTS.  Sebut aja, mereka sedang berada di sebuah store BWCW (store mereka). [Info untuk EXOstan baru: BWCW di dunia nyata adalah sebuah merk yang menjadikan anak EXO sebagai modelnya, kaos serta jaket yang mereka pakai waktu MV Growl 2nd version atau yang dipakai mas Lu, bang Lay, sama Sehun waktu dance practice itu semua sponsor dari BWCW. Aku cek beberapa minggu yang lalu, harganya sekitar 300an ke atas, setara lah sama harga baju-baju di matahari, giant atau ramayana. Nggak mahal2 amat toh. Yang pengen, silahkan aja cari OLShop yang buka PO BWCW]. Dan saat Kai berjalan ke arah tempat itu, kemudian menghampiri Theh-Xiu-Tao-Baekki. Dan beberapa adegan harusnya lucu yang mungkin untuk beberapa EXOstan tidak diperhatikan. Cekidot,

·         Mbak itu ngetik
Menn, mbak ini ngetik apa cuma sok2an ngetik. Udah muncul gambarnya, tapi tetep aja ngetik. ini yang ngebuat adegan ini radak gimana gitu

gambar

·         Bang Lay-Kris main bingo
Kray (Kris-Lay) couple is real? Masa bodoh dengan OTP. Dari pengelihatan gue pairing mungkin terjadi karena seringnya para fans melihat mereka begitu akrab kepada 1-2 orang saja (betul nggak sih? Iya bener sih Min, tapi asumsimu itu terlalu umum) [info anak EXOstan baru: lihat beberapa video mereka yang fancam (terima kasih kepada fans yang udah ngeuploadnya, gue terharu), jangan yang officialnya doang. Jangan keseringan lihat fanmade, karena fanmade biasanya sedikit menyesatkan, terkadang ada yang lucu juga sih]. 

Okey, gue mengakui kalo semua anak EXO saling akrab satu sama lain (di depan kamera). Tapi, pernah nggak kalian melihat detailnya lagi? Kalo menurut gue sih (secara pribadi), gue melihat kalo mereka lebih suka bermanja2 dan bergaul berdasarkan tahun kelahiran dan berdasarkan kebangsaan (nationality). Sebut saja Chanyeol-baekki-Chen, mereka adalah 92 line atau Theh-Kai sama2 94 line. Dan Kris-Tao atau mas Lu-bang Lay, atau Kris-bang Lay, mereka berkebangsaan sama. Seperti kita, orang asia biasanya suka bergaul dengan orang yang sama, sama2 dari daerah yang sama dan umur yang hampir sama. Makanya jangan heran kalo mereka (trainee) yang mempunyai umur dan dari daerah yang sama, akrab satu sama lain dengan beberapa artis yang udah debut atau udah terkenal (area SM) dengan umur dan dari daerah yang sama, biasanya. Satu lagi, kalo di dorm kira2 mereka beneran manggil hyung ke yang lebih tua gak ya? Kalo menurut gue, ini adalah pertanyaan yang sangat mudah untuk dijawab. Dan jawabannya adalah enggak, lo kira perbedaan setahun dua tahun tiga tahun bakal ngebuat mereka manggil hyung gitu, kecuali untuk panggilan unnie kalo diantara para cewek2 ni ya, setahun dua tahun tiga tahun kayaknya nggak sopan kalo gak manggil unnie ke yang lebih tua. Percaya enggak percaya, tapi kalo gue suka gak percaya aja kalo di off stage mereka manggil Luhan dan Kris dengan sebutan hyung. Coba aja liat reality show mereka, siapa aja yang sukses dan konsisten dipanggil hyung sama yang lebih muda. Kata gue nggak ada. Gue keinget, dan gue senyum aja waktu gue nonton Weekly Idol yang kedua, waktu si Kris ngingetin DO buat manggil dia hyung. Alah, lebay ni Kris, paling juga biasanya kalo manggil gak pake hyung.
Ayukkk dah, gue tantangin para reader sekalian, coba aja kalian itungin dan pantengin siapa aja yang emang paling konsisten dipanggil hyung?

Oke, itu sedikit fakta keakraban mereka dari mata gue. Sekarang waktunya adegan bingo.

gambar

Gue, nggak habis pikir. Sepertinya mereka nggak pake skrip, menurut gue sih. Si pak editor asal aja waktu masukin video mereka ke VCR. Tapi sebagai pacarnya bang Lay, gue suka kok pak sama editannya, sip bangget. Walaupun akhirnya gue menyimpulkan bahwa bang Lay gak mungkin ikutan main drama suatu saat nanti. Kalo Kris, oke lah, modal tampang mah jadi, hehehehe :p. Insya Allah. Hehhhh, sumpah mereka kaku bangget mennnn.

·         Theh-Xiu-Tao-Baekki
Good enough act, sekumpulan orang dengan masa depan akting alias main drama kecuali Baekki, ini anak bisa jadi apa aja di masa depan. Okeh, di sini gue bakal sedikit nerawang masa depan mereka bakal jadi kayak apa.

gambar

·         Xiumin ngasih minuman
Ini adalah adegan hasil kloningan waktu di mobil Bella kedinginan dan secara gak sengaja, tangan Bella menyentuh tangan Edward, “dingin seperti bongkahan es dari kutub utara”. 

gambar

Dan yang ini Xiumin yang tangannya berasa dingin, tau kan. Lagi-lagi, pak konseptor emang jjang dan daebak. Xiumin di promo mini album MAMA, punya apa? Iyahhhh, ice power. kekuatan tukang jualan es balok. Kekuatan membekukan, tapi jangan sampek membekukan hatiku buat bang Lay “eyyyahhhh”.

·         Efek Luna Maya (iklan Lux) gabungan
Efek Luna Maya gue ambil karena pas bangget, kayak adegan flip your hair kena angin semilir yang menyegarkan hati dan jiwa. Berasa jadi cewek cantik sedunia kalo dapet adegan kayak gitu. Pertanyaannya, itu anginnya dari mana? Ya dari kipas angin lah Min (jawab reader gue). Tapi coba liat, di situ nggak dipasang kipas angin kan.

gambar

Ingat sebelum adegan berasa cantik sedunia, si Theh alias Sehun memanyunkan bibirnya. Untuk apa? Memberikan angin, dan gue sampai sekarang pun gak tahu dan gak paham sama tujuan Theh memberikan efek angin kayak gitu. Gue sih cuma berharap, semoga si Theh udah makan permen relaxa. Dan kalo pun enggak, untung mbaknya gak sampai pingsan karena kebauan mulut si Theh. Ehehehe, pissssss

·         Baekki all the time
Bonus aja sih buat yang biasnya baekki, ini hasil cut-cutan dari VCR. Dan gue suka, sob gue nih si Baekki, i love you men but now i cant, bang Lay is my last.
Sumpah ini anak emang ember bangget, jangan2 di dunia  nyata emang kepribadian baekki itu ya kayak gini, bocor sana-sini (suka ngomong dan pencair suasana maksudnya).

gambar

·         Forest, forever love
gambar

Kalo di Twilight beneran, gue paling suka adegan ini. Waktu si Edward dan Bella ya gitu, gue masih hafal bangget sama kata2nya, kira-kira kayak gini;
Ed: jadi sang singa jatuh cinta pada sang domba.
Bel: domba yang bodoh
Ed: singa yang sakit dan menderita

Adduhhhh, unyuk deh. Andaikan bang Lay yang ngomong kayak itu ke gue;
Lay: Mi, maafin aku. Aku sekarang kayak gini
Gue: iya aku tau
Lay: apa kamu bisa terima aku yang sekarang?
Gue: tentu saja aku akan selalu menerimamu, apapun kamu, mau sekarang atau besok, dan aku harap kamu tidak berubah. Jaga kesehatanmu

Hwaaaaa, hanya pengandaian saja. Walaupun nggak sama persis sama adegan Edward-Bella, tapi tetep topiknya C.I.N.T.A, hahahahah.
Kembali ke adegan VCR,

·         I’m good
gambar

Diakhiri dengan I’m Good, pak konseptor i lop yu pulllll. Ingat adegan dari awal sampai akhir. Dari mulai cerita mau masuk lagu Wolf yang dibawain on stage dan dari cerita lagi masuk ke lagu Growl. Semuanya bukan tiada arti dan maksud tertentu, ini dia yang dari tadi gue bilang kalo gue amazed bangget sama yang buat konsep. Di awal mbak itu ngomong kalo mereka yang dilihat dari image luar seperti orang biasa, dan saling mendukung satu sama lain. Tetapi sebenarnya mereka saling berkompetisi satu sama lain.

Di bagian awal cerita mau masuk Wolf, mereka sengaja dimunculkan semua dalam satu frame, walaupun hanya beberapa yang kena shoot. Nah ini, tidak lain dan tidak bukan karena dalam cerita dari lirik Wolf sendiri. Coba reader sekalian amati sedikit lirik lagunya. Dalam lagu itu Wolf diartikan sebagai player atau bahasa kerennya kucing garong (*eh*, lewati aja ya, kata itu tidak patut untuk reader yang di bawah umur). Dan ya, mereka tampil dalam satu frame untuk TPTPin mbaknya. Walaupun hanya Chen yang akhirnya bisa sedikit menggandeng mbak itu, atau mas Lu yang mencoba berinisiatif nawarin main dribbling sama mbaknya, tapi berhubung mbaknya bukan atlet bola basket jadi mas Lu ya gitu. Atau bang Lay, yang mencoba memainkan harmonika (tapi entahlah, ini bang Lay mau main atau mau nelen harmonika, gue sedikit binggung sebenernya). Atau pak Leader (both of them), sok2an pinter belajar dengan nenteng2 buku (si Suho sepertinya mau ngajarin Kris), atau entahlah mungkin gue bakal nunjukin satu sisi yang sedikit terlewat dari VCR itu, kayak gini jadinya

gambar

Cocok banget gak sih sama, makna dari lagu Wolf sendiri. *berharap semoga kalian ngerti apa yang gue maksud TT*

GIMANA READER SEKALIAN? SUDAH MERASA AMAZED SAMA PAK KONSEPTOR? KALO GUE MAH UDAH DARI DULU. PENGEN CIUM ITU PAK KONSEPTOR. PINTER UNYUK BANGGET DAH. KALO BELUM, AYOK KITA LANJUT KE PART DUA SEBELUM MASUK LAGU GROWL.
gambar

Dalam gambar itu terlihat dua sisi yang saling bersebrangan duduknya? bener? deal, ok? bisa dilanjut? paham?
bandingkan dengan yang ini

gambar

Gimana? udah sedikit ketahuan kan apa yang pengen gue bahas? belum paham? “paham kok Min, aku kn reader yang peka dan pinter”
“alhamdulillah, ada yang paham sama pikiran gue D”

Okey, dari awal mereka sudah dikelompokkan berdasarkan perform stage Growl. Dimana Kai, Baekki, Tao, Theh, Chen,dan Xiu ada dipihak Kai. Sedangkan mas Lu, Kris, Suho, bang Lay, dan DO ada dipihak lainnya yang gak setuju mereka deket2 sama anak manusia. Pertanyaanya “kenapa mereka nggak boleh deket2 sama anak manusia?”. Kris yang menegaskan ini, ingat saat gambar ini kena shoot saat mantan gue yang sekarang jadi sahabat (Baekki) dengan mulut embernya itu, kalo gak hati2 bisa2 kedok mereka semua sebagai seorang siluman akan terbongkar. Nah, ni nih peran si Kris

gambar

Part end berahkir dengan stage Growl

gambar

Satu lagi, adegan bego yang pastinya bakal kena komentar dari para netizen
gambar

“Adduhhhh, Tao 弟弟. Kenapa bisa nabrak si Chen gitu sih? Slow mennn, slow”

cr: My Deer Sub

SUBSCRIBE THIS BLOG.
COMMENT THIS POST TOO IF YOU LIKE IT.
THANK YOU^^

You Might Also Like

0 komentar