Tips Cepat Hafal dan Baca Huruf Korea/Hanguel

23.35

Haiii semuanya ...
Wahhh udah seadab kali ya, aku nggak ngisi blog ini (*orang sibuk #eyyaaak).

Ok, untuk postingan pertama setelah sekian lama adalahhh *drumroll. Mungkin postingan ini cocok buat kalian yang baru kenal korea'an (*elaahbahasalomin).


Nah, bagi kalian2 yang baru kenal korea'an, coba dulu buat belajar bahasanya. Elo kalo cinte orangnya tapi elo nggak belajar bahasanya ya elo kalah sama Simly (*pecinta bultang masup) :D

Tapi Kak, aku ngehafalin hurufnya aja susah. Bisanya cuma bilang, "saranghae".

Don't worry anak muda, kamu nyasar di blog yang tepat.


Okk, ini adalah pengalaman aku sendiri belajar Hangeul kek gimana. Dulu aku belajar karena temenku belajar, die waktu itu udin jago baca korea'an. Sekarang jago'an akyuuuhh dong :D. Jadi, bagi kamu yang syusah amit2 ngehafalin pake cara apapun, cobain dulu cara aku (*kali jodoh, ye kan). Yuksss ah!!!

1. Gunakan Buku atau Internet Kumpulan Hangeul
Nahh untuk Absolutly Beginer like me, kamu harus punya yang namanya sumber belajar. Kenapa? Ya elo mau belajar atau mau apa? Sumber belajar bisa berupa buku cetak atau apapun dah yang kiranya bisa dipercaya. Kalian nggak harus beli di toko buku, aku dulu cari link yang ngasih buku gratis. Coba deh cari! Aku dulu nemu file dari Seoul National University atau SNU dan bukunya Byun Andrew (Buku 1, 2, dan 3 dari Beginer sampai Advance).

Gunakan sumber belajar tersebut sebagai acuan menghafal Hangeul untuk pertama kali. Hal ini digunakan agar kamu tahu pengelompokan dan pengucapan tiap hurufnya. Jangan lupa untuk menyalinnya ke dalam sebuah catatan, tinggal copy-paste sesuai buku saja. Kamu juga bisa menggunakan youtube agar pelafalan hurufmu benar. Video berikut bisa menjadi acuan!


Menyalin lagi merupakan kegiatan yang membuat otak kita lebih kuat menyimpan memori guys. Jadi kalo mau belajar, rajin2lah menyalin. Jadi, belajarnya bertahap aja nggak usah buru2, seloww but sure lah.

2. Gunakan Smartphone dengan Mode Masukan Bahasa Korea
Di bagian ini, kamu bisa menggunakan smartphone kamu untuk benar-benar mulai menghafal Hangeul. Kamu bisa menggunakan catatan yang kamu buat sebelumnya sebagai bahan contekan. Misal kamu menekan sebarang Hangeul di smartphone, bersamaan itu kamu ucapkan pelafalan Hangeul tersebut setelah itu cocokan dengan yang ada di catatanmu. Lakukan hal ini terus menerus hingga kamu tidak membutuhkan catatanmu sebagai contekan. Jika smartphonemu tidak support Hangeul, maka download aplikasi keyboard lain di play store atau tinggal update Gboard.

3. Mulai Mengetik dan Menulis dengan Keypad
Setelah hafal Hangeul, lantas kamu harus bisa menyusunnya dalam sebuah kata atau suku kata. Hangeul sendiri mempunyai aturan tertentu sehingga dapat disusun menjadi suku kata. Aturan singkatnya adalah Kanan - Bawah atau Bawah - Bawah. Kamu bisa menggunakan keypad agar kamu hafal dan terbiasa, karena keypad akan otomatis menerapkan aturan penyusunan huruf. Setelah cukup ahli, beralihlah ke keypad dengan mode tulis tangan dan mulailah menulis di smartphone agar terkoreksi otomatis. Kalau sudah jago, latihanlah menulis dengan mendikte diri sendiri kata-kata korea yang benar-benar memiliki arti di buku tulis.

4. Mulai Membaca Buku Cetak
Setelah sangat hafal dengan Hangeul, berilah dirimu kesempatan untuk membaca kalimat. Tidak perlu kalimat panjang, cukup kalimat seperti kamu belajar bahasa Inggris di TK atau SD kelas bawah.
Contoh: this is a pen, this is a pineapple, and this is a pineapple-pen, dan lain sebagainya.
#yangbacasambilautonyanyiangkattangan

Kemudian, belajarlah secara bertingkat dari kalimat pendek hingga kalimat panjang atau paragraf. Ingat, tidak perlu tahu artinya, cukup membaca saja! CUKUP MEMBACA SAJA! Ingat guys, seloow but sure.

5. Mulai Membaca di Music Video
Ketika kamu sudah merasa lulus membaca buku seperti nomor 4, maka sekaranglah waktunya. Carilah sebuah music video milik idol kesukaanmu agar lebih semangat belajar, jangan lupa cari yang memiliki romanization Hangeul, Indonesia subtitle dan English subtitle. Play music videonya dan mulai baca romanization Hangeul yang ada di music video. Jika kamu bisa mengimbangi kecepatan music video tersebut (kecuali lagu rap), tandanya kamu siap untuk belajar ke tingkat selanjutnya. Kamu bisa memanfaatkan music video dari idol berikut!


(Baca hangeul-nya ya, usahakan jangan baca romanization-nya)


Di tingkat lanjutan, kamu bisa memanfaatkan situs belajar Korea paling populer yaitu TTMIK. Di situ kamu akan bertemu dengan Sun Hyunwoo, Choi Kyungeun serta pengajar lain yang siap membantu belajar struktur bahasa, mendengar dan percakapan. Mereka menyajikan pembelajaran dengan menggunakan bahasa Inggris dan Korea secara bertingkat. Selamat belajar!

Sekiannn~~~ dan kamu sudah bisa berbangga diri kalo udah sampek tahap ini guys. Semoga membantu ya.

Jangan lupa ....

SUBSCRIBE THIS BLOG. 
COMMENT THIS POST TOO IF IT HEPLS YOU.
THANK YOU.

"TAKE OUT THE FULL CREDITS IF YOU WANT TO SHARE THIS POST OR THE EDITED CAPTURES"

Byeeee~~~

You Might Also Like

0 komentar