Goodbye our EXO Galaxy and Thanks Luhan

00.14

"Goodbye our EXO Galaxy Leader and Thanks Luhan, Thanks for Being Along with Us"




99 + 7 + 0 + 1 + 10 + 4 + 21 + 61 + 12 + 68 + 88 + 94 = 465
Yang artinya setelah mama era, xoxo era, mid era, dan overdose era maka member akan berjumlah 6 + 5 = 11, tanpa Kris pun mereka akan seperti yang dulu, seperti tidak ada apa-apa, tanpa Kris pun mereka tetap EXO.

Oh nooooo, bentar-bentar, gue koreksi dulu!

Dan ternyata gue salah, 5 itu menandakan jumlah mini album dan album mereka yaitu mama era, wolf era, growl era, mid era dan overdose era maka member akan berjumlah 6 + 4 = 10.

Yayaya hitung-hitungan seperti ini bukanlah sesuatu yang harus dianggap serius, bisa jadi memang benar atau bisa jadi hanya kerjaaan dari fans kurang kerjaan *nunjuk diri dlsendiri*. Hahahaha

Waktu pertama kali gue nonton Happy Camp terakhir mereka, sumpah gue mau netesin air mata (*untungnya nggak sampek nangis karena kata Luhan kalo sang namja itu nggak boleh nangis, *loh* gue kan cewek *plakkk*).

”Apa arti saudara buat kalian?”
“Momen apa yang paling mengharukan?”
Pertanyaan2 kayak gini adalah pertanyaan yang menurut gue menyentuh banget. Gue aja yang ngikutin mereka dari mereka debut dan gak tahu bener sifat asli mereka aja sedih banget denger jawaban-jawaban mereka. Gimana perasaan anak EXO yang hidup bareng di dorm yang sama, ketemu tiap hari, kerja bareng, latihan bareng.

Gue jadi keinget, ada kata-kata dari temen gue, dan itu emang nacep banget. Dan menurut gue bener juga.

“Ketika kita sering bertemu ada dua kemungkinan yang akan terjadi:
1.      Kita akan semakin dekat karena saling memahami dan menerima kejelekan serta kebaikannya.
2.      Akan sering terjadi kesalahpahaman di dalamnya karena kalian sudah tau kejelekan masing-masing yang sulit kalian terima.“

Entah, mana yang dirasakan masing-masing anak EXO. Setelah Luhan menggugat SM, beberapa hari kemudian akun IG Sehun followingnya jadi 0 (nol) yang artinya dia nggak ngefollow siapapun termasuk akun IG member EXO lain. Pertama, gue mikir mungkin karena akunnya kena hack, tapi ke sininya, gue mikir lagi kalo mungkin Sehun sudah nggak begitu percaya dengan rekan kerjanya. Kalo nggak selamanya yang mereka anggap saudara akan menjadi saudara.

Inilah dunia, orang yang kita anggap baik belum tentu baik. Dan orang yang kita anggap buruk, belum tentu seburuk apa yang kita pikirkan selama ini.

Oke, stop curhat.

Setelah Kris dan Luhan nggak di EXO lagi, gue jadi mikir tentang beberapa postingan fans yang mungkin juga merupakan antis EXO yang gue baca mengenai sifat dan kejelekan anak EXO. Bukan tidak mungkin kalo yang ada di tulisan itu adalah sifat mereka beneran, yang paling gue kasihanin itu Sehun sama Tao, dari mereka berduabelas, Sehun dan Tao lah yang paling polos (*entahlah gue juga cuma nebak-nebak) dan member China adalah member yang bekerja keras dan tulus kalo diihat dari sorot matanya (*sorot matanya melas banget).

Gue pernah merasakan hal yang sama, waktu itu gue ikutan komunitas dance cover di areal gue. Gue sih mikir waktu itu kalo ikutan komunitas dance cover cuma buat ngisi waktu luang. Waktu gue masuk, komunitas dance cover yang gue ikutin itu ternyata lagi revolusi habis-habisan. Mereka serius buat debutin cover grup yang kedepannya bakal ikutan lomba. Jadi sebelum masuk komunitas, kita diaudisi dulu buat nentuin layak masuk cover grup atau cuma jadi trainee. Gue waktu itu ngincar jadi Luna f(x), tapi gue lupa kalo selama sebelum audisi gue nggak belajar dancenya f(x) dan malah belajar dancenya Happiness dari RV (gue jadi Wendy), juga malah belajar Mr. Mr.nya SNSD (gue jadi mbak Taeng, biar berasa pacaran sama Baekhyun. Wkwkwkwk) dan Give It to Me Sistar (gue jadi Bora).

Walhasil gue cuma jadi trainee di komunitas itu. Jadi trainee itu nggak enak, harus kuat dicuekin sama para admin pengurus komunitas, berangkat latian cuma berakhir jadi penonton doang, cuma nepokin member cover grup yang lagi latian persiapan buat lomba. Waktu itu gue sempet liat anak cover grup f(x), sumpah ini yang jadi Luna masih mending gue gerakkannya, sial jangan2 ini anak titipan, ekspresinya kurang Luna banget, dia diajarin seminggu gerakan Red Light, masih nggak bisa-bisa, gue aja belajar Red Light sendiri 3 hari udah bisa. Sial.

Dari cerita gue, kemungkinan inilah perasaan anak luar korea yang jadi trainee di korea. Apalagi, untuk jadi idol itu butuh kerja keras, kerja keras juga nggak menjamin kalian bisa debut atau nggak. Kalo nggak bisa debut, ya berarti kesempatan buat jadi idol sudah tertutup apalagi kalo udah tua nggak debut2, saat itulah para trainee akan putus asa dan memilih buat ninggalin perusahaan atau sebaliknya. Atau kalau masih beruntung, kalian bisa jadi back up dancer, itupun kalo skill dance kalian cukup keren.

Sorry, gue jadi ngelantur gak jelas gini. Jadi intinya, memang ada kesenjangan antara trainee atau artis yang udah debut asal luar korea dengan trainee atau artis yang udah debut asli korea. Dan inilah yang menjadi permasalahan utama yang dihadapi Kris dan Luhan serta artis china lain yang merumput (*kambing kali ah merumput :p, sorry kosakata bahasa gue sedikit) di korea, apalagi artisnya SM. Namun, sepenuhnya gue gak nyalahin SM atas perlakuan mereka ke para artisnya, bisa jadi karena ada pihak ketiga yang menjadi dalang buat nyari instannya aja dari artis SM yang udah jadi dan terkenal serta udah punya banyak fans setia, dengan begitu ngepromoin mereka dengan project baru di luar SM adalah hal yang sangat mudah, karena fans setia akan selalu haus akan info tentang idola mereka serta perkembangan mengenai mereka. Bukan tidak mungkin kalo mencari popularitas tanpa ada embel-embel SM akan begitu mulus.

Ahh, satu lagi. Dulu waktu sukses dengan album wolf dan growl (*xoxo), ada satu fans yang nulis di akun twitter mereka dan itu sangat gue tangkap dan inget2 banget, sampek sekarang gue pengen ketawa kalo inget2 lagi. Waktu itu gue nyeplos ngejawab tweetnya dia,
“Tenang, hal kayak gini pasti ada, suatu saat nanti“
Dia nulis kayak gini (*nggak persis sih, cuma kurang lebih seperti ini):
“Apa sih yang kurang dari EXO?
Terkenal, sudah.
Album, sudah.
Show, sudah.
Menang award, sudah.
Cuma mereka kurang satu, KURANG RUMOR”
Hahahah gue ngakak, ini kejadian beneran, dan gue gak nyangka kalo rumor EXO akan seberat ini, harus ditinggal member adalah hal yang menyakitkan. Seperti merusak komitmen yang sudah dibangun sejak sebelum semuanya bukan siapa-siapa.

Rumor EXO bermunculan setelah Kris menggugat SM, mulai dari Baekhyun pacaran sama Taeyeon (*yang ini SM sendiri yang ngerestuin, gue sih seneng2 aja, akhirnya ada member EXO pacaran juga, walapun ada sedikit orang yang bilang kalo ini adalah settingan buat netralisir rumor Kris dan sekarang mereka sudah putus, katanya. Kalo menurut gue, kalo mbak Taeng belum ngeupload oreo yang hancur di IGnya berarti mereka belum putus). Kemudian rumor Luhan yang katanya absen saat mau konser di Jakarta, tapi akhirnya Luhan ikutan konser walaupun berangkat sendiri dari Beijing bukan dari Gimpo. Dan akhirnya absen beneran, saat konser di Thailand. Luhan absen itupun kemudian ramai dibicarakan orang, apalagi buat fans china. Mereka menyebut kalo Luhan meminta sesuatu mengenai kontraknya, dalam hal jaminan kesehatan, apabila SM tidak memenuhi sampai tanggal jatuh tempo (waktu itu gosipnya tanggal 8 Oktober), maka pihak Luhan bakal melayangkan surat gugatan terhadap SM. Dan akhirnya kejadian di tanggal 10 Oktober. Setelah Luhan menggugatpun, banyak rumor yang muncul mulai dari Tao dan Lay yang bakal keluar dari EXO juga, kemudian Tao yang pacaran, kemudian ada lagi yang nyebut kalo ada member EXO yang nyebut Tao itu gay. Baru-baru ini, Suho yang jadi korban rumor, ayahnya yang seorang profersor di salah satu universitas korea disebut-sebut sebagai orang yang pro-Jepang. Kalo di indonesia, kita menyebutnya sebagai penghianat negara, mirip-mirip kayak cerita keluarganya Rangga di AADC gitu si mas Junmyeon ini (*sorry, gue kemakan iklannya line).

Bener apa enggak, gue nggak mau tahu mengenai rumor mereka, yang penting bagi gue adalah karya mereka. Kalo ada member lain yang pacaran, gue juga pasti seneng banget. Misalnya Suho pacaran sama Luna (katanya mereka mantan, dan pacaran waktu jadi trainee kemudian putus waktu mau debut), atau Chen pacaran sama anak trainee, atau Xiumin yang ditinggal Luhan akhirnya sekarang WGMan sama aktris (*gue gak punya ide buat masangin Xiumin sama siapa, yang penting gue pengen banget Xiumin ada di WGM) atau Sehun yang suka sama Irene RV namun akhirnya ditolak karena Irene nggak suka sama dongsaeng atau Lay yang sebenarnya sudah bertunangan dan tunangannya itu adalah GUE (*ini baru rumor yang keren). Hahaha, makan tuh rumor.

Oh iya, katanya mereka mau keluarin album ya. Kalo album, berarti konsepnya bakal ada kolaborasi, maksudnya dalam satu lagu korea dinyanyikan oleh member K dan M begitu sebaliknya, dalam lagu mandarin dinyanyikan oleh member M dan K. Kalo mini album bakal beda lagi, mereka bakal dikonsepin sendiri2, yang M berarti nyanyi mandarin doang, yang K berarti nyanyi korea doang. Misal Mama dan Overdose, mereka ngumpul berdasarkan anggota K atau M. Sedangkan pada Wolf dan Growl (*yang merupakan paketan dari album XOXO), mereka dicampur jadi satu, bukan berdasarkan member K atau M. Intinya, pada mini album, EXO akan menjadi EXO-K dan EXO-M. Sedangkan pada album, EXO akan menjadi EXO (*whole EXO as one).

Gue sebagai EXO-L yang dewasa (*kata-kata “dewasa” selalu gue ikut2in kalo udah terjun sama anak EXO-L lain yang lebih muda dari gue, maklum gue fans yang nggak labil, fans yang menerima apa adanya idolnya mau bertingkah kayak gimana) cuma bisa menguatkan diri. Iya gue kecewa, gue merasa dibohongi dengan keluarnya Kris dan Luhan (*bahasa gue. Wkwkwkwk). Oke gue ulangin kata-kata gue buat para EXO-L di luar sana.
TANPA KRIS DAN LUHAN PUN MEREKA AKAN SEPERTI YANG DULU, SEPERTI TIDAK ADA APA-APA, TANPA KRIS DAN LUHAN PUN MEREKA TETAP EXO.

Ada lagi dari salah satu anak EXO-L di akun IG mereka
WALAUPUN KINI KALIAN TERLIHAT 10 ORANG TAPI DI HATIKU AKAN SELALU MERASAKAN KEBERADAAN 12 ORANG.


EXO.EXO-L SARANGHAJA!!!

You Might Also Like

0 komentar