EXO's Tao Starred Zhang Li Yin – Agape

17.46



안녕하세요 여러분
Annyeonghaseyo yeoreobun ~~~~~~

Hahahaha, halo semuanya. Hehehe, gue hadir dengan gue yang baru *ciyyeeeee yang baru bisa baca hangul**proud of me*. Yahhh, gimana ya, kalo suka sama korea’an tapi nggak bisa bahasa korea itu rasanya hambar *lagak lo min*. Aslinya gue malu sama temen gue, yang setidaknya bisa baca sama nulis hangul. Jadi gue ikutan belajar hangul deh. Hahahaha, semoga tahun depan udah bisa buat kalimat dalam bahasa korea.

Nah oke, kali ini gue bakal ngeshare tentang MV Zhang Li Yin yang baru “Agape”. Bagi anak EXOStans, eh maksud gue BUAT ANAK EXO-L.

Ciye yang baru kemarin nama fansclubnya diresmiin sama SM.

Ciye yang udah nunggu 2 tahun lebih, akhirnya dapat nama resmi juga walaupun pada akhirnya cuma nambahin huruf L di belakang doang.

Ciye yang sekarang lagi sibuk registrasi member di aplikasi EXO-L.

Ciye sekarang malah geram gara-gara servernya down, belum bisa nikmatin aplikasi EXO-L nih yeeee.

Ciye yang bakal nikmatin live chat bareng idolanya, ciye.

Hahhh, dari banyak tweet anak EXO-L beberapa hari yang lalu setelah fansclub diresmikan “EXO-L” jadi TTWW. Gue paling suka bagian ini, “lihat komentar” adalah hal yang wajid karena bakal ada komentar lucu dan labil yang akan mereka tweet-kan. Dan ya, gue jadi ketawa-ketawa sendiri, ketawa di atas penderitaan anak EXO-L yang pada bingung karena nggak sabar pengen nikmatin aplikasi fansclub resmi dari SM. Kebanyaakan mereka nambah-nambahin sendiri kepanjangan dari huruf L dari EXO-L tersebut, kayak gini;


EXO-L(oading)
Yang ngetweet kayak gini, berarti tipe EXO-L yang masih loading buat registrasi aplikasi

EXO-L(augh)
Yang ngetweet kayak gini, berarti tipe EXO-L yang tertawa karena udah bisa registrasi

EXO-L(oser)
Yang ngetweet kayak gini, berarti tipe antifans EXO yang pengen ikutan registrasi jadi member EXO-L

EXO-L(ove)
Yang ngetweet kayak gini, berarti tipe EXO-L yang suho banget


Okeh, kita nikmatin aja kepanjangan-kepanjangan yang diciptakan para fans. Tapi EXO-L sendiri punya filosofi yang cukup keren menurut gue, walaupun pada dasarnya gue nggak suka-suka amat sama nama ini *Suho keparat, kenapa lo gak mikir nama yang lebih keren sih*. 

EXO-L ini adalah ide dari leader Junmyeon *mantan Luna*. Dengan L yang mempunyai kepanjangan LOVE kalo dibahasa koreain jadi EXO SARANGHAJA *ini kerjaan si Junmyeon*.

Menurut gue pada awalnya, kenapa L-nya itu nggak LOVER aja sekalian, jadi semua orang bakal tau kan kalo kita itu pecinta EXO. Nah, kalo L-nya itu LOVE? Sumpah gue jadi berspekulasi kalo fans EXO adalah orang-orang yang terjebak cinta di antara dua dunia yaitu dunia fans dan dunia idola. Dan mereka nggak mungkin bisa disatukan dengan hanya berlandaskan CINTA BUTA YANG MEMBARA DI ANTARA DUA INSAN ANAK MANUSIA.

Kata si Junmyeon *mantan Luna*, huruf L adalah huruf yang secara alfabetik berada di antara huruf K dan M. Jadi, yang menyatukan K dan M adalah L. So, EXO-K dan EXO-M menjadi “we are one” itu karena ada EXO-L.

"Kata siapa?"

"Kata si Junmyeong min".

"Oh iya, gue lupa".

"Hahahahaha, maksud gue kalo mereka “we are one” kenapa ada member yang harus inactive?"

Oke, gue akuin kalo gue adalah fans EXO yang kangen berat sama member yang satu ini *boleh sebutin nama kan* (Kris)

Pasti bakal lucu banget kalo Kris *yahhh, disebutin lagi deh* masih sama EXO, konser di areal china pasti dia yang di suruh speech *gue udah bosen ngelihat bang Lay banyak omong*

Kalo pun masih ada anak EXO-L yang pengen Kris balik, kenyataan berkata kalo nggak mungkin Kris balik lagi ke EXO. Ada atau pun nggak ada anak EXO-L di antara EXO-K dan EXO-M, tetep aja mereka bakal jadi OT11. Ada yang kurang. Iya, kurang sosok cool tapi kelihatan bodoh kalo sok coolnya itu keluar, sosok yang selalu gagal membangun ke-cool-annya lagi. Dan itu yang membuat anak EXO-L nggak rela Kris keluar.

Yahhhh, jadi sedih kan gue kalo nulis kayak ginian. Mungkin ini juga yang dirasain para casseopiea dan ELF waktu beberapa member mereka menyatakan keluar dari keanggotaan. Mungkin ini juga yang membuat para ELF nggak bisa menerima Henry jadi anggota utama Super Junior.

Jadi sedih nih, gue radak sedikit terharu kalo denger VCR konser TLP Don’t Go apalagi waktu semua fans ikutan nyanyi. Kayak nggak rela banget kalo Kris pergi

크리스 가지마, please don’t go Oppa”

Terus dibales lagi sama lirik lagunya Kris buat Tiny Times 3 yang sedih abis itu *dan cocok banget buat kondisi OT12 sekarang*

Aduhhh, gue adalah salah satu fans yang berharap semuanya bakal kembali kayak semula. Tapi kalo dipikir-pikir bakal lucu banget kalo Kris beneran balik ke EXO lagi, semacam “balik kucing”, situasinya bakal beda dan jadi gak nyaman, semacam muncul gejolak internal di antara anggota EXO. Lagi pula, persidangan mungkin bakal dimenangin Kris, kalo dari pihak SM mungkin juga nggak penting banget buat mempertahanin seorang member, toh masih ada 11 lainnya yang masih menghasilkan uang. Toh masih ada anak debutan yang masih jadi sumber uang SM. Contohnya si debutan RED VELVET.

Ahhhh, gue jadi kepincut sama GB debutan 1 Agustus kemarin. Ada si Irene, Wendy, Seulgi, dan Joy. Dari mereka berempat, hanya tiga orang yang gue kenal, iya mereka kan dari anak SMRookies itu toh. Cantik-cantik sih, tapi gue malah jadi nggak bisa bedain mana yang Irene, Wendy atau Seulgi. Pasalnya wajah mereka masih bulat. Cuma warna rambut aja yang bisa buat acuan identitas mereka. Kalo ngomongin RV (singkatan dari Red Velvet), pasti bakal nggak beda jauh dengan topik f(x). Ada banyak kesamaan yang dimilki RV dan f(x). Contohnya, konsep rambut RV sama kayak konsep rambut f(x) waktu di NU ABO. Konsep MVnya pun nggak beda jauh, dan masih berbau iluminati *pasti*.

Segitiga terpancung

Diamond

Dan lain sebagainya. Kalo dibahas sekarang, jadi panjang dong. Ni bahas MV Agape kapan. Gak kelar-kelar dong.

Hahaha, jadi kelupaan. Terlarut sama Kris dan RV. Oh iya, katanya f(x) mau bubar ya? Si Sulli udah hiatus aja tuh. Pasti gara-gara debutnya RV. Kontrak f(x) kan mau habis, makanya RV debut sekarang buat gantiin imagenya f(x).


Eitssssss aigoo admin, come ke Agape nyokkkkk

Okelah. Bagi anak EXO-L, MV ini patut ditunggu, pasalnya member EXO yaitu Tao bersama Victoria (leader f(x)), jadi main role dalam music video ini.

Kyaaaa~~~ Tao-ya, akhirnya kamu dapat individual activity juga, nouna seneng akhirnya kamu selangkah lebih maju daripada Sehun *oops*

Alur cerita MV “Agape” menurut gue :
Cerita ini berawal dari flashback tentang gempa dahsyat yang pernah terjadi di areal china mainland, entah berapa tahun yang lalu terhitung dari tahun 2014. Waktu itu si Tao masih kecil, dan Vic (berperan sebagai ibu Tao di masa lalu) sedang menikmati makan di meja makan. Kemudian tiba-tiba terjadilah gempa. Selang beberapa hari atau minggu, akhirnya Tao kecil dan ibunya ditemukan tim SAR. Tao selamat sedangkan ibunya tidak.

Tahun 2014 ketika Tao sudah beranjak dewasa. Dia bertemu dengan seseorang yang dia selamatkan dari kecelakaan yang akan menimpa seorang gadis tersebut, dan gadis itu adalah mbak Vic (Vic berperan ganda dalam MV ini, pertama jadi ibunya Tao di masa lalu, kedua jadi gadis yang diselamatkan Tao di masa sekarang).

Sebenernya ini yang membuat gue radak penasaran, dalam teaser yang diupload pihak SM. Gue nonton tuh teaser, sumpah gue radak nethink sama SM. Mungkin kalian para EXO-L juga aff(x)tion radak gemes sama SM karena kalo kita main suudzon pasti bakal mikir kalo Tao suka sama nouna-nouna, dan Vic suka sama dongsaeng yang umurnya cukup punya GAP gede. Kalo ceritanya kayak gitu, kemungkinan gue gak terima Vic perannya kayak gitu. Tidakkkkkk

Tapi ternyata, ceritanya berakhir manis. Waktu Tao nyelametin Vic dari kecelakaan, Tao kaget karena Vic mirip banget sama ibunya (ya iya lah :p) yang udah meninggal. Akhirnya si Tao ini suka sama mbak Vic, sampek pengen tahu mbak Vic secara mendalam, tapi jatohnya kayak stalker


Dan begitu seterusnya sampai suatu saat mbak Vic nemuin foto keluarganya Tao jaman dulu. Kayaknya mbak Vic kaget banget karena ternyata dia mirip sama orang yang ada di foto tersebut. kalo di versi drama jadi kayak gini. kayak soap opera gitu



Kalo dibuat versi komedinya juga bagus, kayak gini nih :p
(gambar)

Tapi tapi, kenapa diakhir MVada kayak ginian min





Apa ternyata ibunya Tao nggak jadi mati?

Berarti Vic yang sekarang emang ibunya Tao yang hilang ingatan soalnya ketimpa gempa dong min?

Ehem hem hem hem, no no no no, anda salah bung

Ibunya Tao dan Vic tetaplah mereka, mereka berbeda sodara. So, ibunya Tao emang udah mati. Waktu bapaknya ngelihat sms yang diketik ibunya Tao waktu itu, itu cuma sms draft yang belum terkirim dari hape almarhum ibunya Tao. Jadi sebelum ibunya Tao ngeklik sent, dia udah mati duluan. Thank to Ruby yang udah translatein sms yang diketik Vic ke english.


Ingat di awal MV, ceritanya Tao kecil ditemuin sambil pegang sumpit.

Dan dia waktu itu nangis karena dia nggak mau ngelepasin tangan ibunya yang udah mati. Gitu sodara readers gue sekalian. Manis bangget kan ceritanya, baru kali ini gue nonton MV produksi SM yang so sweat banget *secara gue udah bosen sama artis mereka yang cuma dance di dalam kotak* hahahaha

Ah kalo review MV, nggak seru kalo nggak dicampur sama spazzing. Tau kan kalo nggak ada MV yang sempurna. Apalagi MV buatan SM. Coba kita cek yang satu ini.

#1 Iklan
Hadehhhhh, gue paling males kalo ada MV yang udah keren terus nggak taunya nongol iklan yang bikin MV jadi kayak malesin buat dilihat. Dari Mc Donald, NOKIA, LG, sampek mie ramen korea *yang ini keitung nggak sih :p*
(gambar)

#2 Mungkin gue kasih caption “ASAL MUASAL HILANGNYA NAMPAN McD”
Pertama si Vic bawa nampan
Setelah itu nampan jadi menghilang bersama selesainya Tao dengan hati yang tulus ngebenerin dasinya Vic

#3 SMS yang gak kekirim
OMG Vic, kenapa kalo lo butuh bantuan nggak telpon aja, kelamaan kan kalo harus ngetik sms dulu. Mati deh lo.
Oh, tapi kalo daerah bencana biasanya nggak ada sinyal ya. Hahaha, sorry gue melupakan asas-asas no signal. *bad admin*

#4 Settingnya
Gue tau ini lagu mandarin dan settingnya pasti di china juga *harusnya*. Oke, gue akuin kalo SM udah berusaha menggunakan setting yang china banget, mungkin shootingnya di chinatown daerah seoul. Secara SM nggak bakal rela ngeluarin duit banyak buat produksi sebuah MV kalo harus shooting di china asli. Iya khaaaannnn?
 

Tuh, keliatan kan readers. Plang jalannya pake tulisan korea alias hangul. Coba pikir lagi deh, daerah china bagaian mana yang pake plang jalan tulisannya hangul. Jawabannya pasti nggak ada.


Dan toko sayur di china bagian mana yang pake tulisan utamanya korea sedangkan tulisan bantuannya pake china. Kalo emang daerah itu di china, pasti tulisan utamanya ya china dan nggak usah pake tulisan bantuan korea. Iya tohhh?

Ah, satu lagi ibunya Vic pake baju yang sama dengan hari yang berbeda *shootingnya di hari yang sama yaaa**lupa ganti baju beda yaaaa*

#5 Klarifikasi yang harusnya menjadi fakta dari MV ini
Okeh, pertamanya gue jadi radak bingung. Jadi ini bercerita tentang bencana yang menimpa keluarga china atau keluarga korea. Pasalanya si bapaknya tao itu korean banget.


Tapi bapaknya tao ngelihat berita dalam bahasa mandarin menn.

Waktu Tao dewasa seperti hidup di daerah korea yang dipaksa jadi setting china.


Uang gaji Tao berupa won.

Vic bilang terima kasih dalam bahasa korea waktu diselametin tao.


Tao teriak “MAMA” waktu kangen berat sama emaknya yang udah mati, kenapa nggak bilang “oemma” aja. Tapi kayaknya bagusan pake MAMA daripada OEMMA.



Tao kecil dan Tao dewasa juga beda banget,
Tao kecil tuh korean banget, Tao dewasa mah chinese banget.


Okey, mari kita menafsir lebih dalam bersama profesor xi.NG;

Jadi, menurut barang bukti yang sudah terkumpul dan sedikit analisis menengenai cerita dan latar belakang di balik MV ini maka dapat diambil kesimpulan

“Tao adalah anak blasteran China-Korean. Waktu gempa, bapaknya Tao berada di Korea. Jadi dia nggak jadi korban bencana. Ketika keadaan mulai membaik, bapaknya tao kembali ke China dan mencari keberadaan anak dan istrinya. Tapi ternyata, istrinya tidak terselamatkan karena telah berusaha melindungi anaknya dari reruntuhan. Akhirnya, bapaknya tao ngebawa Tao ke Korea dan memulai hidup baru di Korea, sebagai warga korea. Di Korea, Tao ketemu sama Vic (gadis korea) yang mirip banget sama ibunya. Tao pun, pengen deket sama Vic dan akhirnya mereka pacaran deh. Tapi tapi, Vic ternyata akhirnya tahu kalo Tao suka sama dia karena dia mirip sama ibunya Tao. Vic kecewa dong. Dan Tao yang sebelumnya suka sama Vic karena mirip sama ibunya, sekarang jadi suka sebagai seorang namja yang mencintai seorang yeoja”

Based cerita ini adalah kenyataan, gue udah baca komentar-komentar beberapa fans.


Dan thanks to my friend yang udah berbaik hati translatein MV ini. Ini adalah translate lirik hasil kerja temen gue. Selamat menikmati readers

张力尹 - 爱的独白 (Agape)
Zhang Li Yin - Ai De Du Bai (Agape)

看着爱一点一点累积成海
kan zhe ai yidian yidian leiji cheng hai
Looking at love, little by little all become ocean
看着海一天一天流向未来
kan zhe hai yitian yitian liuxiang wei lai
Looking at the ocean, day by day flowing toward tomorrow
我会在每天对你说早安
wo hui zai meitian dui ni shuo zao an
Everyday I will say “good morning” for you
也会在夜晚点亮爱
ye hui zai ye wan dian liang ai
And everynight I will turn on the light into love
Reff: 我不曾离开 Oh
wo bu zeng likai oh ai
I never leave… oh the love
不管经过多少阻碍无奈
bu guan jing guo duoshao zu ai wu nai
Don’t care of go through how many obstruction that there’s no way out
别怕失去的等待
bie pa shi qu de deng dai
Don’t be scared losing of waiting for
亲亲我的爱
qin qin wo de ai
Dear my love
要记住爱的独白
yao ji zhu ai de du bai
Agapely you remember
跨越距离会看到真爱
kua yue ju li hui kan dao zhen ai
Step over the distance so you can see the true love
幸福在我的怀里你的依赖
xingfu zai wo de huai li ni de yi lai
Happy in my embrace and your dependence
呼吸在闭上眼静止的无奈
hu xi zai bi shang yan jingzhi wu nai
Breathing in closed eyes in a deepest stillness
梦醒来要记得我拥你入怀
meng xing lai yao ji de wo yong ni ru huai
When wake up from the dream you have to remember that I embrace you into my bosom
陪你在暖和着爱
pei ni zai nuan he zhe ai
Accompany you in warm love
Reff: 我不曾离开 Oh
wo bu zeng likai oh ai
I never leave… oh the love
不管经过多少阻碍无奈
bu guan jing guo duoshao zu ai wu nai
Don’t care of go through how many obstruction that there’s no way out
别怕失去的等待
bie pa shi qu de deng dai
Don’t be scared losing of waiting for
亲亲我的爱
qin qin wo de ai
Dear my love
要记住爱的独白
yao ji zhu ai de du bai
Agapely you remember
跨越距离会看到真爱
kua yue ju li hui kan dao zhen ai
Step over the distance so you can see the true love
Oh 震碎的痛 无法将爱掩埋
Oh zhen sui de tong wu fa jiang ai yan mai
Oh break the pain so it will unable to bury the love
当我们在重逢
dang women zai zhong feng
As we meet again
永远疼爱
yongyuan teng ai
We love dearly  forever
Reff: 我不曾离开 Oh
wo bu zeng likai oh ai
I never leave… oh the love
不管经过多少阻碍无奈
bu guan jing guo duoshao zu ai wu nai
Don’t care of go through how many obstruction that there’s no way out
别怕失去的等待
bie pa shi qu de deng dai
Don’t be scared losing of waiting for
亲亲我的爱
qin qin wo de ai
Dear my love
要记住爱的独白
yao ji zhu ai de du bai
Agapely you remember
跨越距离会看到真爱
kua yue ju li hui kan dao zhen ai
Step over the distance so you can see the true love
让你相信未来我们一起
rang ni xiangxin wei lai women yiqi
Let you believe that we will togather in the future
一直都不曾走散
yizhi dou bu zeng zou san
All along never be lost
亲亲我的爱
qin qin wo de ai
Dear my love
要记住爱的独白
yao ji zhu ai de du bai
Agapely you remember
我爱你到永远不离开
wo ai ni yongyuan bu likai
I love you forever as never as leave you


Cr : 
Hanzi lyrics : SMTOWN
Pinyin lyrics + eng translation : dianagaara

XOXO,


EXO.Saranghaja!!!

You Might Also Like

0 komentar